Cara Merakit Hard Disk Eksternal sendiri secara Profesional

Cara Merakit Hardisk Eksternal - hard disk drive (HDD), hardisk, hard drive atau disk yang fixed adalah perangkat penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital menggunakan satu atau lebih kaku ("keras") berputar cepat disk (piringan) dilapisi dengan bahan magnetik. Piring-piring yang dipasangkan dengan kepala magnetik diatur pada lengan aktuator , yang membaca dan menulis data ke permukaan piring. Data diakses secara random-access, yang berarti bahwa blok individual dari data dapat disimpan atau diambil dalam urutan apapun dan tidak hanya secara berurutan. HDD adalah jenis memori non-volatile, mempertahankan data yang disimpan bahkan ketika dimatikan. Salah satu cara paling sederhana untuk memberikan laptop anda lebih banyak ruang hard drive, atau backup semua file penting anda tanpa burning file ke CD atau DVD, adalah dengan merakit hard drive eksternal anda sendiri. hard drive ini akan dapat terhubung ke komputer manapun dengan port USB. Anda dapat dengan mudah dan cepat mentransfer file besar antara komputer, dan juga memiliki bentuk backup jika terjadi sesuatu pada komputer anda. hard drive eksternal ini akan bekerja pada komputer yang menjalankan Windows 2000 / XP /, 7,8,10, OS X, atau Linux.

  • Anda harus mendapatkan hard drive internal (dari sekarang disebut sebagai HDD). Langkah pertama adalah untuk memutuskan salah satu ukuran fisik standar untuk HDD apapun. Jika anda sudah memiliki HDD backup untuk proyek ini, lompat ke langkah 2. Pada dasarnya ada 3 ukuran HDD: 1.8 ", 2.5", dan 3,5 dan 2,5 "adalah ukuran standar untuk laptop HDD Laptop HDD" 1,8. ". dapat didukung oleh kabel USB, sehingga tidak ada adaptor AC diperlukan. Laptop HDD namun lebih mahal dari pada PC internal HDD, jadi jika anda tidak khawatir tentang ukuran atau kabel listrik yang lain, HDD PC desktop mungkin menjadi solusi .



  • Pilih dan membeli lampiran yang kompatibel. Mempertimbangkan ukuran fisik dari HDD anda, serta antarmuka (ATA 100, ATA 133, Serial ATA 150, Serial ATA II, dll). Tentukan jenis koneksi yang sesuai dengan kebutuhan semua komputer yang akan terhubung. USB2.0 saat ini standar yang baik, dan itu akan bekerja pada setiap komputer atau laptop dengan koneksi USB . FireWire (IEEE 1394) bahkan lebih cepat, namun tidak seperti yang terjadi di semua komputer. Pastikan untuk juga membandingkan tingkat kebisingan kipas (jika memiliki kipas, dan jika tingkat kebisingan akan muncul). Untuk HDD yang akan berjalan setiap kali komputer anda diaktifkan, kipas akan paling mungkin hal yang baik untuk ada, sementara HDD terutama digunakan untuk backup biasanya tidak akan membutuhkan hanya satu. Juga memeriksa untuk melihat apakah ada tombol power pada 3,5 "Lampiran. Tanpa satu, anda akan perlu untuk mencabut adaptor untuk mematikan drive. Untuk backup ini bukanlah masalah besar, tetapi beberapa orang yang menggunakan drive mereka untuk penyimpanan kedua mungkin akan menjengkelkan untuk menyambungkan dan mencabut setiap kali mereka memulai dan menutup komputer mereka.

  

  • Membuka dengan benar wadah dan HDD.



  • Ikuti petunjuk tentang cara yang benar untuk membuka wadah HDD.



  • Mengatur HDD anda ke pengaturan Induk. Pengaturan jumper ini terletak antara konektor Molex listrik (4 pin bulat besar) dan konektor ATA / SATA. Anda akan melihat 2 baris dari empat atau lima pin kecil, dan klip kecil (jumper) yang terhubung ke 2 dari mereka. Tarik keluar jumper dengan alat seperti pinset atau pensil, dan menempatkannya di posisi Induk jika belum tercantum di sana. Diagram pengaturan jumper yang berbeda biasanya dapat ditemukan tepat di label atas HDD.



  • Hubungkan wadah HDD konektor power Molex dan kabel pita ATA / SATA untuk HDD anda. Meskipun akan sangat sulit untuk memasang ini dari atas menghadap ke bawah, luangkan waktu untuk memastikan bahwa kabel pita dan konektor daya yang benar selaras sebelum memasukkannya.

 .
  • Sekrup HDD ke Wadah. 4 atau lebih sekrup yang disediakan pada wadah. Akan ada 4 lubang, 2 di setiap sisi HDD, dan lubang berhubungan di dalam wadah HDD. 



  • Luangkan untuk melihat terakhir kalinya bagian dalam sebelum anda menutupnya. Pastikan anda tidak lupa untuk menghubungkan apa pun. Baca petunjuk anda dan pastikan anda bahas seluruh langkah. Ini akan akan sulit untuk membukanya dari awal lagi karena anda lupa untuk perubahan jumper ke induk atau sesuatu.
 


  • Tutup Wadah HDD. 



  •  Sambungkan kabel daya (jika diperlukan) dan USB atau kabel FireWire untuk drive anda.
  •  

  • USB dan FireWire yang Hubungkan dan Fungsikan yang berarti bahwa anda tidak perlu mematikan komputer sebelum menghubungkan drive anda. Hubungkan ujung lain dari kabel tersebut ke komputer anda dan pelindung lonjakan arus (Anda menggunakan pelindung lonjakan arus, kan? :).



  • Hidupkan komputer anda. Pergi ke My Computer. Hal ini kemungkinan besar terlihat pada desktop anda, tetapi juga dapat ditemukan di menu Start.
 


  •  Anda akan melihat perangkat baru di bagian 'Perangkat dengan Removable Storage' .



  • klik kanan di atasnya dan pilih Format (sekitar pertengahan bawah daftar).



  • Format drive menggunakan NTFS untuk digunakan pada Windows (ext3 baik untuk Linux) sebagai File System. Untuk membaca dan menulis baik dari Linux dan Windows, menggunakan FAT32. Anda dapat memberikan Label Volume jika Anda inginkan. Contoh: Eksternal, sekunder, Backup, dll Pastikan Format Cepat tidak dipilih. Hal ini akan memungkinkan setiap sektor buruk untuk diakui dan harus dibatasi dengan tali dari data yang disimpan di kemudian hari.



  • Tunggu format untuk menyelesaikan. Ini mungkin memakan waktu lebih lama untuk drive besar.


Lihat Juga :
Cara Perbaiki kerusakan fisik hardisk 
Cara menghidupkan Baterai laptop yang mati 
Cara memperbaiki Blue Screen pada laptop 
 

Nah itu lah tutorial / pengalaman yang pernah Teknokomputer lakukan untuk Merakit Hard Disk Eksternal. semoga sobat sekalian juga berhasil dalam pengerjaanya, sekian dulu tutorialnya semoga bermanfaat bagi sobat semuanya. Terimakasih.  Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat posting di halaman Facebook kami.
Previous
Next Post »
Post a Comment
KLIK POST A COMMENT UNTUK BERKOMENTAR ^_^