Cara periksa Power Supply CPU komputer secara profesional

Sebuah unit catu daya (PSU) mengkonversi listrik AC ke tegangan rendah yang diatur listrik DC untuk komponen internal komputer. komputer pribadi modern universal menggunakan Mode power supply aktif. Beberapa catu daya memiliki Selektor panduan untuk tegangan input, sementara yang lain secara otomatis beradaptasi dengan supply tegangan. Sebagian besar pasokan listrik komputer desktop pribadi modern selaras dengan spesifikasi ATX, yang meliputi faktor bentuk dan tegangan toleransi. Sementara power supply ATX terhubung ke listrik, selalu menyediakan 5 V standby (5VSB) tegangan sehingga fungsi standby pada komputer dan perangkat tertentu yang didukung. ATX pasokan listrik dinyalakan dan dimatikan oleh sinyal dari motherboard. Mereka juga memberikan sinyal ke motherboard untuk menandakan kapan tegangan DC berada di spec, sehingga komputer mampu secara aman, power up dan boot. Terbaru standar ATX PSU adalah versi 2.31 dari pertengahan tahun 2008. Catu daya ini sering dilupakan dalam hal mendiagnosa masalah komputer, tetapi pengujian power supply anda, ini dapat menyelamatkan anda dari banyak masalah yang membuat sakit kepala di ujung jalan pemecahan masalah. Jika komputer anda mengalami Blue Screen of Death crash, kesalahan hard drive, atau sekadar tidak bisa boot, anda mungkin berurusan dengan power supply yang rusak. Jalankan tes ini dengan cepat sebelum anda mulai menukar hardware yang mahal harganya.

 1. Pengujian jika Powers On
  • Matikan komputer anda. Setelah komputer telah dimatikan, atau jika tidak mulai untuk memulai dengan flip switch di bagian belakang catu daya. Cabut catu daya dari stopkontak. 
  • Buka casing komputer anda. Lepaskan kabel catu daya dari semua komponen di bagian dalam kerangka. Ikuti setiap kabel dari power supply ke komponen untuk memastikan bahwa semuanya telah dicabut dengan benar. 
    »  Membuat catatan dari mana semuanya terhubung, untuk mempermudah anda ketika memasang kembali dalam kerangka.
 


  • Membuat tester klip kertas. Anda dapat menggunakan klip kertas untuk membantu menguji power supply dan trik itu sehingga berpikir bahwa ini telah dinyalakan. Untuk melakukan hal ini, meluruskan penjepit kertas dan kemudian membungkuk menjadi berbentuk "U.
    »  penjepit kertas ini akan bertindak sebagai pin yang dimasukkan ke dalam power supply yang memberikan sinyal "Power ON".
 


  • Cari konektor 20/24 Pin yang biasanya menempel pada motherboard komputer anda. Hal ini biasanya konektor terbesar untuk power supply
 


  • Cari pin hijau dan pin hitam (pin 15 & 16). Anda akan memasukkan ujung penjepit kertas ke pin hijau (seharusnya ada hanya satu) dan pin hitam di sebelahnya. Sebelum anda melakukan ini, periksa untuk memastikan bahwa pasokan listrik benar-benar terputus dari arus listrik, bahwa itu dimatikan, dan bahwa itu tidak terhubung ke komponen komputer.
    »  Pin hijau biasanya pin 15 pada grafik pin.


  • Masukkan klip kertas. Setelah anda telah menempatkan penjepit kertas ke masing-masing pin, lalu tempatkan kabel di suatu tempat di mana ia tidak akan terganggu. Plug catu daya kembali ke dalam stopkontak, dan tekan flip switch di belakang kerangka.


  • Periksa kipas. Setelah power supply menerima daya, anda harus dapat mendengar dan melihat kipas bergerak. Ini akan memberitahu anda bahwa power supply setidaknya bekerja. Jika power supply tidak menyala sama sekali, periksa pin anda (setelah mencabut) dan coba lagi. Jika masih tidak menyala, maka kemungkinan besar mati.
    »  Tes ini tidak akan memberitahu anda jika power supply berfungsi sebagaimana mestinya, hanya bahwa itu menghidupkan. Anda akan perlu untuk melakukan tes berikutnya untuk memastikan bahwa itu keluaran yang benar. 




2. Pengujian Keluaran 
  • Memeriksa output melalui perangkat lunak. Jika komputer Anda sangat fungsional dan Anda dapat memuat sistem operasi Anda, cobalah menggunakan perangkat lunak untuk memeriksa output power supply Anda. SpeedFan adalah program freeware yang akan membaca diagnostik komputer Anda dan melaporkan kembali suhu dan tegangan. Periksa readouts untuk memastikan bahwa mereka berada dalam toleransi yang diterima.»  Jika komputer Anda tidak bekerja, lanjut ke langkah berikutnya. 


  • Matikan komputer. Cabut catu daya dari stopkontak. Matikan tombol power di bagian belakang catu daya. Membuka komputer dan lepaskan semua komponen dari power supply. Ikuti kabel dari catu daya ke masing-masing komponen untuk memastikan bahwa semuanya telah terputus dengan benar. 
 

  • Menguji power supply dengan unit pengujian power supply. Ini tersedia di toko komputer online dan tidak terlalu mahal. Cari konektor 20/24 pin pada power supply. Ini biasanya kabel terbesar untuk power supply.
    » Menghubungkan unit testing power supply ke konektor 20/24 pin.
    » Plug catu daya kembali ke stopkontak dan menyalakannya. power supply anda harus  
       menyala secara otomatis
    .

    »
    Beberapa tester power supply mengharuskan Anda untuk mengaktifkan power supply   
       menggunakan switch atau tombol pada tester. Lainnya akan menyala secara otomatis.

    »
    Periksa tegangan. Konektor 20/24 pin akan memiliki beberapa readouts, tetapi ada 4

       pengukuran
    penting yang anda perlu untuk mencari :
              +3.3 VDC
              +5 VDC
              +12 VDC
              -12 VDC
          » Pastikan bahwa tegangan berada dalam toleransi diterima secara normal. 3,3, 5, 12 semuanya
             bisa
berada dalam +/- 5%. -12 ini dapat berada dalam +/- 10%. Jika salah satu bacaan yang
             diluar
rentang tersebut, dari power supply tidak baik dan perlu diganti.
          » Menguji konektor lainnya. Setelah Anda memverifikasi bahwa konektor utama keluaran daya
             baik
, tes masing-masing kabel konektor yang lain per satu. Cabut dan mematikan power
             supply
setiap kali tes.


  • Menguji power supply dengan multimeter. Meluruskan klip kertas dan kemudian menekuk ke dalam bentuk "U". Menemukan pin hijau pada konektor 20/24 pin. Pasang penjepit kertas ke dalam pin hijau (pin 15) dan ke salah satu pin hitam di sebelahnya. Ini akan mengelabui konektor agar berpikir itu terhubung ke motherboard.
    » Pasang power supply kembali dan nyalakan.
    » Cari grafik pinout untuk catu daya Anda. Ini akan membiarkan Anda tahu mana pin memberikan yang tegangan.
    » Mengatur multimeter Anda ke pengaturan VBDC. Jika multimeter Anda tidak auto-range, mengatur rentang 10V.
    » Hubungkan probe negatif multimeter untuk ground (hitam) pin pada konektor.
    » Hubungkan probe positif ke pin pertama yang ingin Anda uji. Buat catatan tentang tegangan ditampilkan.
    » Periksa tegangan untuk memastikan mereka jatuh dalam batas toleransi. Jika salah satu tegangan berada di luar batas toleransi, maka power supply rusak.
    » Ulangi proses untuk masing-masing konektor peripheral. Mengacu pada grafik pinout spesifik untuk setiap konektor untuk melihat mana pin untuk mengetes.
 

  • Merakit ulang komputer anda. Setelah anda test dan verifikasi semua konektor power, anda dapat merakit komputer anda. Pastikan semua perangkat anda benar - benar terpasang kembali, dan bahwa semua konektor motherboard terpasang dengan benar. Setelah anda selesai merakit komputer, anda dapat mencoba menyalakan.
    »
    Jika
    anda masih mengalami kesalahan komputer, atau komputer anda tidak bisa dinyalakan, beralih ke langkah pemecahan masalah lainnya. Tempat pertama untuk memeriksa akan berada pada motherboard anda.


  

Di sini Kami juga Menyediakan tutorial Cara periksa Power Supply CPU komputer dalam bentuk video yang dapat sobat liat di bawah ini
 

Nah itu lah tutorial / pengalaman yang pernah Teknokomputer lakukan untuk periksa power supply cpu pada komputer teknokomputer. semoga sobat sekalian juga berhasil dalam pengerjaanya, sekian dulu tutorialnya semoga bermanfaat bagi sobat semuanya. Terimakasih. 
Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat posting di halaman Facebook kami.
Previous
Next Post »
Post a Comment
KLIK POST A COMMENT UNTUK BERKOMENTAR ^_^